Jumat, 22 Januari 2021

Smart TV HG680P

Awal pandemi, saya membeli perangkat SmartTV bekas merk Fiberhome type HG680P yang sudah di ganti firmwarenya seharga Rp.270.000,- Arinya sudah unlock dari layanan TV tertentu dan sudah root.

Dengan firmware yang sudah diganti maka saya bisa menggunakannya untuk menonton Youtube.
Suatu hari SmartTV ini sering macet ketika digunakan untuk menonton Youtube, sehingga iseng-iseng melakukan install ulang, belajar dari kawan2 lain. 

Dari situ saya semakin tahu bahwa mesin yang digunakan smarTV sama dengan mesin android, dan bisa dikatakan sama dengan yang digunakan Raspberry. Semuanya berbasis processor ARM.

Dari sana akhirnya mencoba menginstall ARMbian, sebuah distro Linux berbasis ARM pada SDcard yang disematkan pada alat ini.

Saya sangat berterimakasih kepada Channel Youtube IT Otodidak yang telah banyak memberikan tutorial dan dr. Fuad Salim yang sudah membangun Firmware Pulpstone untuk STB HG680P.

Dua link tersebut sangat membantu saya dalam memahami dan membuat TVBox menjadi General Smart TV dan Personal Computer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Install Selenium di Python3 - Raspi

// install selenium sudo apt-get install selenium // install chromium sudo apt-get install chromium-chromedriver // install virtual display ...